Popcorn Chicken and Onion Salad



Popcorn chicken bisa dinikmati di berbagai gerai makanan cepat saji, tapi karena lagi pengen nyoba bikin sendiri akhirnya dengan modal nekat bikin deh. Resepnya juga gampang kok, gak ribet-ribet banget. Buat kalian yang pengen nyoba bikin sendiri, langsung aja deh, cekidot!


Bahan :
  •  3 dada ayam tanpa kulit tanpa tulang
  •  2 sendok teh garam
  •  1 cup tepung serba guna (saya pake merk sasa)
  •  1 Gelas susu segar (atau bisa pake buttermilk)
  •  Minyak goreng
  •  Lada hitam yang baru digiling, secukupnya.
Bahan Saus :
  • Mayones
  • Bawang bombay
  • Madu (selera)
Cara membuat :
  1. Potong ayam menjadi potongan berukuran dadu atau bite-size pieces. Potonglah ayam dengan ukuran yang sama biar tingkat kematangannya sama nantinya.
  2. Kombinasi ayam dengan susu dan garam, masukan ayam yang sudah dipotong tadi ke dalam mangkuk besar berisikan susu (atau bisa pake buttermilk) garam, dan lada hitam (selera). Campurkan dan aduk-aduk beberapa detik.
  3. Tutupkan manguk tadi dengan plastik atau pake tupperware, dan dinginkan beberapa jam di lemari es (kurang lebih 1jam)
  4. Sambil menunggu ayam, cairkan tepung serbaguna tadi ke dalam wadah bersama air, dan masukan juga tepung didalam wadah plastik, tanpa air. 
  5. Kurang lebih 1 jam, ambil ayam yang sudah direndam dengan susu dan masukan ke dalam tepung yang sudah berisikan air, lalu gulung ayamnya. Masukan kembali kedalam tepung kering diwadah plastik. Kocok-kocok ayam hingga semua tertutup dengan tepung.
  6. Siapkan wadah penggorengan, apinya kecil saja ya biar nggak gosong, lalu gorenglah ayam.
  7. Selamat Menikmati!
Cara membuat saus :
  1. Potong dadu kecil-kecil bawang bombay
  2. Tuangkan 1/2 bungkus mayones ke mangkuk kecil, masukan 1 sendok makan madu (selera), dan masukan 1 sendok teh bawang bombay, dan aduk hingga merata.
  3. Bisa juga potong bawang bombay secara melingkar, dan siram saus mayones madu tadi.
Karena bosan dengan saus sambal atau saus tomat, jadi saya pake saus mayones madu, dan seneng banget sih sama bawang bombay. Berikut ini beberapa langkah-langkah yang sempat terabadikan.


TERIMAKASIH YA UDA MAMPIR BACA! (",) JANGAN KAPOK MAIN-MAIN SINI LAGI

Instagram : @kharbella
Facebook : Bella Kharisma Prabawati

Komentar