Resep Sambal Tumpang

Ada yang uda pernah nyobain sambel tumpang? Kalo dimalang tuh aku pernah nyobain di suhat, ada yang jual pecel sambal tumpang. Nah kalo dirumah sih Ibu sering bikin sendiri, gampang banget kok caranya.




Menurut wikipedia, sambal tumpang merupakan masakan khas kota Kediri, mungkin sebagin orang di Indinesia masih belum begitu mengenal masakan satu ini. Sambal tumpang sendiri adalah masakan dari bahan dasar tempek bosok atau tempe yang sudah busuk, Didaerah Jawa Timur tepatnya di kota Kediri memang banyak yang menyediakan sambal tumpang, karena menu tersebut akan mengingatkan pada kota Kediri. Begitu juga di kota Malang sambal tumpang sudah masuk di daftar menu warung-warung makan seperti pecel sambal tumpang di daerah soekarno – hatta.

Nah menu sambal tumpang ini gampang banget dibikin, bahan-bahannya juga mudah didapat dimana-mana, berikut ini resep sederhana sambal tumpang dari Ibuku loh,

Bahan
-          2 kotak tempe kedalai yang sudah dikukus
-          300 ml santan kelapa
-           
Bumbu
-          5 siung bawang putih
-          3 butir bawang merah
-          1 ruas kencur
-          1 ruas laos
-          3 lembar daun jeruk purut (dicuci bersih)
-          2 lembar daun salam (dicuci bersih)
-          3 butir kemiri
-          ½ sendok the ketumbar
-          Terasi secukupnya
-          1 sendok makan gula pasir
-          1 sendok the garam halus
-          ½ sendok the merica bubuk

Cara membuat Sambal Tumpang

1. kukus semua bumbu sambal tumpang hingga empuk dan lunak.
2. Haluskan semua bahan sambal yang sudah dikukus dengan cara ditumbuk.
3. hancurkan tempe yang sudah dikukus tadi dengan cara di tumbuk.
4.  tambahkan merica bubuk, gula pasir, garam dan penyedap rasa, aduk sampai tercampur rata.
5. masukan bahan sambal tumpang tadi yang sudah ditumbuk ke dalam panci lalu diberi santan.
6. masak terus sampai matang sambil di aduk-aduk
7. sambal tumpang siap untuk disajikan.

Bentuknya sih kurang menarik difoto, tapi rasanyaaaa maknyusss!!!


Komentar