Dakgangjeong (닭강정)

Sebelum digulung-gulung pake bumbu pedes

Ini percobaan pertama, not bad lah
Karena efek kebanyakan nonton drama korea sepertinya, apalagi lihat vlog orang korea kalo lagi makan. Mereka kalo makan bener-bener menikmati, bikin ngiler dan langsung pengen nyobain korean food.
Nah salah satunya yang bikin aku pengen banget nyobain bikin, namanya dakgangjeong atau bisa disebut ayam goreng krispi khas korea, ya kalo intinya tuh ayam goreng tepung krispi dimasak lagi pake bumbu pedes, disini aku pake bubuk cabe bikin sendiri.
Pasti uda sering liat kan di drama-drama dan apalagi yang makan nih aktor korea kesukaan, bikin adek leleh aja ah.
Langsung aja cus ke resepnya, cekidot gays!


Percobaan kedua, khilaf bikin banyak
Resep Dakgangjeong

Bahan
1 kg sayap ayam, dicuci bersih
1 sdt garam
½ sdt lada hitam
1 sdt jahe, (dicincang halus)
3 cup tepung maizena/ tepung kentang
4 siung bawang putih, (dicincang)
5 cabe merah kering, (dipotong-potong/ digunting)
¼ soy sauce
½ cup rice syrup/ corn syrup / caramel syrup
1 sdm white vinegar/ air jeruk lemon
1 sdm mustard (opsional)
1 sdm brown sugar
½ sdt lada hitam
Minyak sayur/ canola oil/ minyak goreng
Cara membuat :
1. siapkan bahan-bahan
2. potong sayap menjadi dua, ujungnya yang runcin gibuang. Cuci bersih lalu ditaburi lada hitam, garam, dan 1 siung bawang putih cincang. Remas-remas dengan tangan agar bumbu merasuk, diamkan selama 15 menit.
3. masukan tepung maizena ke dalam mangkung, lalu masukan ayam, lumuri sayap ayam dengan tepung maizena hingga merata.
4. panaskan minyak (dalam menggoreng gunakan minyak banyak agar ayam terendam semua ke dalam minyak sehingga ayam bisa matang merata), goreng ayam hingga berwarna kecoklatan. Angkat, sisihkan dan matikan kompor. Biarkan ayam sebentar dalam saringan. Setelah 15 menit, panaskan minyak lagi dan goreng ayam lagi sehingga sekali lagi hingga berwarna kecoklatan. Cara menggoreng ayam dua kali di maksud agar rasa ayam menjadi krispi dan kriuk.
5. memasak saus : panaskan 2 sdm minyak, masukan bawang putih cincang dan cabai merah kering, tumis hingga bawang putih berbau harum. Tambahkan soy sauce, rice syrup, vinegar, dan mustard sauce, aduk dan tumis beberapa saat. Tambahkan broen sugar, aduk hingga merata.
6. setelah saus mengeluarkan gelembung pertanda saus sudah mendidih dan matang, masukan ayam. Aduk hingga semua bumbu saus tercampur dan terserap ked aging ayam. Biar beberapa saat sampai saus habis dan meresap, angkat dan matika kompor.

Dibantu sumber dari http://sedapsekejap.net/


Selamat mencoba, go follow my instagram @bellaprb

Komentar

Posting Komentar